LANGKAH – LANGKAH MEMBUAT JAS ALMAMATER YANG SERING DILAKUKAN OLEH KONVEKSI

Seperti yang kita tahu, jas almamater buatan jasa konveksi ini memang memiliki banyak sekali manfaat bukan. Selain difungsikan sebagai identitas untuk institusi pendidikan tinggi. Maka jas almamater ini sebenarnya juga memiliki fungsi penting sebagai pakaian pelengkap. Saat menghadiri kegiatan kampus juga ya, sebut saja untuk KKN. Untuk pengabdian kepada masyarakat, dimana kegiatan malam keakraban mahasiswa seminar dan bakti sosial. Untuk pemilihan warna untuk jas almamater juga dapat menjadi kode bagi sebuah perguruan tinggi. Misalnya saja perguruan tinggi A menggunakan warna biru tua. Yakni sebagai salah satu warna almamater. Sehingga ketika orang ini akan melihat jas almamater, maka mereka dapat mengetahui bahwa pemakainya merupakan seorang mahasiswa dari kampus A.

konveksi

Inilah Langkah – Langkah Membuat Jas Almamater Oleh Konveksi Yang Perlu Anda Tahu

Sama seperti halnya proses pembuatan kemeja atau pakaian yang siap pakai lainnya. Untuk membuat sebuah jas almamater sendiri untuk proses pengerjaan memang cukup panjang dan tidak instan. Berikut ini mengenai proses pembuatan jas almamater anda bisa menyimak pembahasan berikut diantaranya:

  1. Desain/sketch

Dalam pembuatan jas almamater ini, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah yakni membuat sejumlah sketsa. Dimana dari beberapa desain yang sudah ada, selanjutnya dilakukan analisa dan pemilihan desain yang terbaik. Lalu kemudian di proses lebih lanjut untuk dibuatkan sebuah pola.

  1. Pola desain

Seseorang yang bertugas untuk membuat pola desain akan mengembangkan pola pertama. Untuk di desain berdasarkan ukuran standar. Untuk proses ini di buat dengan menggunakan metode pola drafting. Untuk menciptakan sampel jas almamater yang kemudian akan di gunakan di tes uji.

  1. Pembuatan sampel

Nah, setelah pola desain ini selesai dibuat. Maka pola tersebut selanjutnya akan di jahit pada kain blacu. Dimana kain muslim ini untuk di analisa antara kesesuaian pola dan desain nya. Jika tidak ada perubahan maka berarti sampel jas almamater memang sudah siap untuk di proses lebih lanjut ke tahap produksi pola desain.

  1. Produksi pola desain

Tahap selanjutnya adalah pola produksi ini merupakan pola yang digunakan untuk produksi jas almamater yang lebih banyak. Dimana bertugas untuk membuat pola produksi adalah pattern maker. Bahkan banyak konveksi yang menggunakan pengembangan metode CAD/CAM.

  1. Grading

Setelah proses produksi selesai dibuat selanjutnya akan dilakukan proses grading. Untuk menciptakan pola jas almamater dalam ukuran standar yang berbeda. Yaitu besar, sedang, kecil atau ukuran standar lain. Grading pola ini pada umumnya hanya diterapkan pada pola standar.

  1. Maker making

Dari pola standar yang memang sudah di buat sebelumnya. Untuk maker making ini akan menentukan seberapa panjang dan lebar (dalam yard). Sehingga kain yang dibutuhkan untuk setiap desain. Pada tahap ini pengukur akan tahu seberapa banyak kain yang akan di pesan.

  1. Cutting

Untuk proses selanjutnya yakni proses cutting.  Nah, pada tahap ini bahan kain yang telah dipesan kemudian di potong sesuai pola. Dan jenis kainnya dengan bantuan mesin potong.

  1. Sewing

Masuk ke proses selanjutnya yakni pen jahitan. Seperti yang kita tahu pabrik besar biasanya sudah memiliki tukang jahit masing – masing bagian. Dan pada akhirnya bagian – bagian jas almamater tersebut di jahit hingga terbentuklah sebuah jas almamater lengkap.

Setelah proses sewing ini selesai, maka tahap selanjutnya adalah finishing hingga packing. Dimana tahap ini jas almamater ini pun siap di kirim ke konsumen untuk di kenakan.

Leave a Comment